Monday, March 28, 2011

Senapan Serbu - Belgia : FN FAL assault rifle

Kaliber: 7,62 mm NATO (7.62x51)
Aksi: Gas dioperasikan, miring breechblock, pilih-api atau semi-otomatis hanya
Panjang: 1100 mm (990 / 736 mm untuk model "Para")
Panjang Laras: 533 mm (431 mm untuk "Para" model)
Berat: 4,45 kg kosong (3,77 kg kosong untuk model "Para")
Magasen Kapasitas: 20 putaran (30 putaran untuk berat versi SAW berlaras)
Kecepatan tembak: 650-700 putaran per menit


The FAL FN (alat tembak Automatique Leger - Light Automatic Rifle) adalah salah satu desain yang paling terkenal dan tersebar luas senapan militer abad XX. Dikembangkan oleh perusahaan Belgia Fabrique Nationale, itu digunakan oleh beberapa 70 atau bahkan lebih banyak negara, dan diproduksi di setidaknya 10 negara. Pada saat ini hari layanan dari senapan paling FAL hilang, tetapi masih digunakan di beberapa bagian dunia. Sejarah FAL dimulai sekitar tahun 1946, ketika FN mulai mengembangkan senapan serbu baru, bilik untuk cartridge 7.92x33mm Jerman Kurz menengah. Tim desain dipimpin oleh Dieudonné Saive, yang pada saat yang sama bekerja di senapan pertempuran, bilik untuk "lama waktu" kartrid senapan kekuasaan penuh, yang kemudian menjadi-SAFN 49. Tidaklah demikian mengherankan bahwa kedua senapan secara mekanik sangat mirip. Pada akhir 1940-an Belgia bergabung dengan Inggris dan memilih 0,280 Inggris (7x43mm) kartrid menengah untuk pengembangan lebih lanjut. Pada tahun 1950 kedua prototipe FAL Belgia dan EM Inggris senapan serbu bullpup-2 diuji oleh US Army. Prototipe FAL sangat terkesan Amerika, tetapi gagasan kartrid menengah berada pada yang dipahami saat untuk mereka, dan Amerika Serikat bersikeras adopsi cartridge T65 penuh kekuatan mereka sebagai standar NATO di 1953-1954. Persiapan adopsi ini, FN dirancang ulang senapan mereka untuk T65 terbaru / amunisi 7.62x51mm NATO, dan fals 7.62mm pertama siap pada tahun 1953. Belgia bukanlah negara pertama yang mengadopsi senapan mereka sendiri pada tahun 1956. Mungkin yang pertama adalah Kanada, mengadopsi versi mereka sedikit modifikasi FAL sebagai C1 pada tahun 1955.Kanada diatur untuk menghasilkan C1 dan berat senapan laras C2 skuad otomatis di pabrik sendiri mereka Arsenal Kanada. Britain mengikuti dan diadopsi FAL yang pada tahun 1957 sebagai SLR L1A1 (Self-loading senapan), sering mengeluarkan dengan 4X lingkup SUIT optik. Inggris juga memproduksi senapan mereka sendiri di RSAF Enfield dan pabrik BSA. Austria FAL diadopsi tahun 1958 sebagai Stg.58 dan senapan mereka diproduksi di pabrik senjata Steyr. Berbagai versi FAL juga diadopsi oleh Brasil, Turki, Australia, Israel, Afrika Selatan, Jerman Barat dan banyak negara lainnya. Keberhasilan FAL bisa lebih besar jika Belgia akan menjual lisensi untuk W. Jerman, yang benar-benar menyukai untuk menghasilkan FAL sebagai senapan G1, namun Belgia menolak permintaan tersebut. Jerman membeli lisensi untuk senapan CETME Spanyol dan sebagai hasil dari H & K G3 senapan mungkin menjadi saingan yang paling menonjol untuk FAL.






Selama ini, FAL dibangun pada berbagai versi, dengan furnitur yang berbeda, pemandangan, laras panjang dll Namun demikian, empat dasar konfigurasi senapan FAL: FAL 50.00, atau hanya FAL, dengan popor tetap dan laras standar; FAL 50,63 atau FAL "Para", dengan kerangka butt lipat dan laras pendek; FAL 50,64 dengan popor lipat kerangka model "Para" dan laras panjang standar; dan FAL 50,41, juga dikenal sebagai FAL Hbar atau Falo - model laras berat yang dimaksudkan primersebagai senjata pendukung ringan. Ada juga dua pola utama fals di seluruh dunia: fals "metrik" dan "inci". Sebagai nama tersirat, ini dibangun di negara-negara dengan metrik atau imperial (inch) sistem ukuran. Pola-pola yang sedikit berbeda dalam beberapa dimensi, dan magasen pola metrik dan inci kadang-kadang tidak dapat dipertukarkan. Sebagian besar "inci" FALS pola yang dibuat di negara-negara Persemakmuran Inggris (Inggris, Kanada, Australia) dan telah memiringkan lipat menangani dan sebagian besar terbatas pada api semi-otomatis hanya (kecuali untuk versi Hbar seperti C2). Kebanyakan "metrik" senapan pola telah memiringkan non-lipat menangani dan mungkin atau mungkin tidak memiliki kemampuan memilih-api, tetapi karena dengan cahaya lain senjata api pilih-bilik untuk putaran NATO 7.62x51mm, yang pengendalian api otomatis penuh mengecewakan dan tembakan tersebar di burst sangat luas. Tetapi, terlepas dari ini, FAL adalah salah satu dari "senapan pertempuran" terbaik sehingga dikenal, handal, nyaman dan akurat. Hal ini agak sensitif terhadap pasir halus dan debu tetapi sebaliknya adalah senjata besar.

Negara-negara hanya masih memproduksi senapan FAL sampai saat ini adalah Brasil, dan yang paling mengejutkan, Amerika Serikat. Brasil diadopsi FAL di bawah LAR nama dan diproduksi itu pada fasilitas IMBEL. Amerika Serikat menghasilkan sejumlah kecil fals sebagai T-48 di pabrik H & R di awal 1950-an untuk percobaan Angkatan Darat, tapi pada saat ini sejumlah perusahaan swasta AS adalah pembuatan berbagai versi senapan FAL menggunakan bagian surplus baik kit atau bagian yang baru dibuat. Sebagian besar dari senapan dibatasi untuk semi-auto saja dan tersedia bagi pengguna sipil. Mungkin yang paling menonjol produsen AS modifikasi FAL adalah Arms DS perusahaan, yang memproduksi senapan di bawah nama DSA-58.

FN FAL adalah gas dioperasikan, kebakaran selektif atau semi-otomatis hanya, magasen makan senapan. Menggunakan sistem gas piston stroke pendek dengan piston gas terletak di atas tong dan memiliki musim semi kembali sendiri. Setelah tembakan dipecat, piston gas membuat tekan cepat ke carrier baut dan kemudian kembali kembali, dan sisanya dari siklus reload dimulai oleh inersia kelompok baut.Sistem gas dilengkapi dengan regulator gas sehingga dapat dengan mudah disesuaikan dengan berbagai kondisi lingkungan, atau memotong sepenuhnya granat sehingga senapan bisa aman diluncurkan dari laras. Sistem penguncian menggunakan operator baut dengan baut terpisah yang mengunci barel dengan tip bagian belakang ke dalam reses di lantai penerima. Penerima awalnya adalah mesin dari blok baja ditempa, dan pada tahun 1973 FN mulai memproduksi penerima cast investasi untuk mengurangi biaya produksi. Banyak manufaktur, bagaimanapun, terjebak ke penerima mesin. Perumahan memicu dengan pegangan pistol adalah engsel untuk penerima balik magasen dengan baik dan dapat berayun ke bawah untuk membuka tindakan untuk pemeliharaan dan pembongkaran. Musim semi mundur ini berada di gagang senapan dalam konfigurasi pantat tetap atau di sampul penerima dalam konfigurasi pantat lipat, sehingga versi bokong lipat membutuhkan pembawa baut yang sedikit berbeda, cover penerima dan musim semi mundur. cocking handle ini terletak di sisi kiri penerima dan tidak bergerak ketika pistol dipecat. Ini bisa lipat atau non-lipat, tergantung pada negara asal. Keselamatan - omsakelar api terletak di perumahan pemicu, di atas triggerguard tersebut. Hal ini dapat memiliki dua (di semi-otomatis) atau tiga (di senapan pilih-api) posisi. Mekanisme pembakaran palu dipecat dan menggunakan bakar tunggal untuk kedua api semi-otomatis atau otomatis penuh. Barrel dilengkapi dengan flash penyembunyi panjang yang juga berfungsi sebagai peluncur granat senapan. Desain penyembunyi flash mungkin sedikit berbeda dari negara ke negara.Furnitur dari FAL juga dapat berbeda - itu dapat dibuat dari kayu, plastik berbagai warna atau logam (buttstocks lipat, handguards logam pada beberapa model).Beberapa model, seperti Stg.58 Austria atau LAR Brasil dilengkapi dengan bipods cahaya sebagai standar. Hampir semua versi barel berat juga telah dilengkapi dengan bipods berbagai design. Biasanya pemandangan depan pasca berkerudung dan jenis disesuaikan diopter belakang, tetapi dapat berbeda dalam rincian dan tanda-tanda.Hampir semua senapan FAL dilengkapi dengan memutar sling dan sebagian besar senapan dilengkapi dengan lugs bayonet.

2 comments:

  1. Senapan FN rupanya buatan Belgia, komentar balik ya ke blog saya www.goocap.com

    ReplyDelete